Wednesday, May 17, 2017

Kesempurnaan bunga | Bentuk mahkota bunga | Bunga simetri beraturan | Bintang (rotate, stalate) | Tabung (tubuler) | Terompet (hypocrateryform) | Mangkuk (urceolate) | Corong (infundibuliform)

Kesempurnaan bunga

Berdasarkan kesempurnaannya. bunga dibedakan menjadi bunga sempurna (perfect flower) dan bunga tidak sempurna (inperfect flower).

Bunga disebut sempurna bila memiliki benang sari dan putik. Sementara bunga yang tidak sempurna hanya memiliki satu kelamin, yaitu bunga jantan saja (staminate flower) atau hanya bunga betina (pistilate flower).

Berdasarkan bentuk mahkotanya, bunga dikelompokkan menjadi dua, yaitu bunga bersimetri beraturan (regular, actinomorf) dan bunga bersimetri tunggal (monosimetri, zigomorf).

Bunga simetri beraturan

Berikut bentuk-bentuk bunga yang tergolong dalam bunga bersimetri beraturan. 
Anggrek, salah satu jenis bunga yang bentuknya menyerupai bintang
Anggrek, salah satu jenis bunga yang bentuknya menyerupai bintang
Bintang (rotate, stalate)

Daun mahkota berlekatan dan cuping bebas pada posisi mendatar sehingga proyeksi tegaknya mirip dengan bintang. Beberapa jenis anggrek memiliki bentuk bunga seperti bintang, misalnya Centrum sp.

Tabung (tubuler)

Mahkota daun berlekatan dan memiliki tabung mahkota di pangkal. Mangkuk mahkota berada di ujung, dimana tabung mahkota lebih dominan dibanding mangkuk mahkota. Selain itu, cuping mahkota juga berukuran relatif kecil. Contohnya bunga matahari (Helianthus annuus).
Bunga matahari. Bentuk bunganya menyerupai tabung
Bunga matahari. Bentuk bunganya menyerupai tabung

Terompet (hypocrateryform) 

Bunga terompet memiliki mahkota daun yang berlekatan, tabung mahkota berada di pangkal, dan mangkuk mahkota berada di ujung. Tabung mahkota lebih panjang dibanding mangkuk mahkota. Sementara cuping mahkota berukuran sedang. Stephanotis floribunda memiliki bentuk bunga yang menyerupai terompet.

Kecubung. Bentuk bunganya menyerupai corong
Kecubung. Bentuk bunganya menyerupai corong
Mangkuk (urceolate)

Bunga mangkuk memiliki mahkota daun berlekatan, tabung mahkota berada di pangkal, dan mangkuk mahkota berada di ujung. Ukuran mangkuk mahkota sangat dominan dibandingkan tabung mahkota.

Corong (infundibuliform)

Bunga corong memiliki mahkota daun berlekatan dan hanya memiliki tabung mahkota. Dari pangkal ke ujung, dengan ukuran tabung mahkota semakin membesar. Mahkotanya pun ikut membesar. Contohnya bunga kecubung (Brugmansia versicolor). 

Lonceng/bel (campanulate) Bunga lonceng memiliki mahkota daun yang berlekatan dan hanya memiliki tabung mahkota. Dari pangkal ke ujung, ukurannya semakin membesar. Ukuran mahkotanya sedang dan panjang. Contohnya bunga Ipomoea.


Ipomea. Salah satu jenis bunga yang bentuknya mirip lonceng
Ipomea. Salah satu jenis bunga yang bentuknya mirip lonceng

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner