Saturday, January 21, 2017

Potensi Objek Wisata Alam di Mungka

Potensi objek wisata alam yang dapat dikembangkan di Kecamatan Mungka adalah Air Terjun Burai. Air Terjun Terjun Jaro di Nagari Simpang Kapuak. Kesenian anak nagari yang ada di Kecamatan Mungka adalah Randai terdapat di nagari mungka 3 group,Nagari Talang Maua 1 group, disamping itu disetiap nagari mepunyai group Tari Piring,Talempong, Pencak Silat dan Saluang.


Situs kebudayaan hanya terdapat di Nagari Jopang Manganti yaitu ; batu menhir dan batu mejan. Disamping itu Kecamatan Mungka mempunyai 7 buah Balai Adat yang terdapat di nagari Jopang manganti 2 buah , nagari Simpang Kapuak 1 buah ,nagari Talang Maua 3 buah, dan nagari Mungka 1 buah

Agama

Untuk menunjang kehidupan beragama di Kecamatan Mungka terdapat fasilitas tempat ibadah berupa Masjid (28 buah), Mushala (34 buah), Masyarakatnya 100 % memeluk agama Islam. Jumlah ulama 11 orang, mubalig 30 orang, penyuluh agama 11 orang dan khatib 28 orang

Pendidikan

Sarana pendidikan di Kecamatan Mungka yang telah tersedia baru pada tingkat pendidikan TK sampai SLTP. Sarana pendidikan TK berjumlah 11 (sebelas) unit. Sarana pendidikan SD tersebar disemua nagari berjumlah 20 (dua puluh) unit. Untuk tingkat pendidikan SLTP berjumlah 2(dua) unit. 

Pertanian dan Perkebunan

Di Bidang Pertanian , Kecamatan Mungka mempunyai potensi yang dapat diandalkan dalam peningkatan ekonomi masyarakat, dari total luas sawah 805 Ha yang diperkirakan luas panen 1.580 Ha dengan kisaran produksinya 7.757,80 ton GKP setiap tahun, tanaman lainnya adalah jagung dan ubi kayu dan. Luas pertanaman perkebunan utama adalah gambir 566 ha , kelapa 928 ha, coklat 96 Ha , dan karet 99,50 ha . 

PETERNAKAN DAN PERIKANAN

Kondisi Kecamatan Mungka sangat mendukung untuk usaha pengembangan peternakan terutama komodi ternak unggas ( ayam buras, ras dan itik ), terdapat adalah Ayam Petelur dengan populasi mencapai 1.163.305 ekor, Ayam Buras 48.522 ekor , ayam pedaging 25.600 ekor dan Itik 7.013 ekor.


Sapi merupakan hewan ternak besar yang paling banyak terdapat di Kecamatan Mungka. Pada tahun 2008, populasi Sapi adalah 1.503 ekor ternak Kerbau 1.081 ekor , Kambing 1.433 ekor .Selain itu, jenis unggas yang paling banyak.



Sementara luas Kolam adalah 80 ha dengan produksi 1.686,29 ton/tahun, Luas Budidaya Ikan di Sawah 782 Ha dengan produksi 55,66 ton/tahun , luas penangkapan ikan diperairan umum dengan luas 45 ha dengan produksi 4,31 ton/tahun

PASAR

Selain Pontesi Objek Wisata Alam di Mungka, Untuk memasarkan hasil pertanian serta untuk membeli keperluan harian bagi masyarakat di Kecamatan Mungka terdapat sebuah pasar yang berada di Kenagarian Mungka setiap hari Selasa. Pada zaman Belanda dulu tersebutlah pasar Ronah Pakan Selasa yang berada di Nagari Simpang Kapuak dan sekarang pasar ranah pakan selasa tidak ada, dan dipindahkan pada pasar Simpang Kapuak, dan di Talang Nagari Talang Maua.
Demikian Sekilas Info tentang Potensi Objek Wisata Alam dan Potensi Agribisnis lainnya yang ada di mungka. Jika Anda ingin melihat-lihat Obyek Wisata Alam lainnya silahkan kunjungi blognya dunia rekreasi.