Search This Blog

7 Program Peningkatan Mutu Dalam SDM yaitu Desentralisasi, Organisasi Tanpa Batas, Perencanaan Strategik, Orientasi Visi/Misi, Team Work, Globalisasi, Good and Clean Government

Munculnya kompleksitas permasalahan yang menyeruak di berbagai lini, membutuhkan terapi atau pendekatan dalam menyelesaikan problematika tersebut. Beberapa gagasan atau program peningkatan mutu sumber saya manusia adalah sebagai berikut:

1. Desentralisasi


Munculnya tren baru dalam pengelolaan organisasi adalah dengan mengubah pola kepemimpinan sentralisasi menjadi desentralisasi. Dengan desentralisasi, semua elemen, terutama karyawan mempunyai kewenangan atau andil dalam setiap kebijakan yang berlaku di organisasi.

Pola ini memberikan tanggung jawab yang besar terhadap karyawan untuk bersama-sama membangun organisasi atau perusahaan agar semakin berkembang dan maju. Dengan demikian, semua elemen yang ada di perusahaan mempunyai tanggung jawab yang sama, sesuai dengan kapasitas masing-masing.

2. Organisasi tanpa Batas


Upaya lain dalam menumbuhkembangkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan megembangkan system/struktur organisasi tanpa batas. Dengan berorganisasi, masyarakat dapat menempa potensi diri mereka masing-masing dalam organisasi, melalui peningkatan kreativitas dan inovasi. Oleh sebab itu, dengan merebaknya organisasi, menjadikan indikasi bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia semakin matang.

3. Perencanaan Strategik

Untuk membangun dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia diperlukan perencanaan yang matang dan taktis, sehingga perkembangan kualitas dapat dipantau dengan baik. Perencanaan strategik ini mengedepankan bagaimana peningkatan mutu sumber daya manusia dibentuk dalam sebuah kurikulum, sehingga instrumen-instrumen yang dibutuhkan dalam pengembangan potensi diri, indikator-indikator keberhasilan perkembangan serta alat evaluasi dapat tersedia dengan baik.


4. Orientasi Visi/Misi

Manusia hidup di dunia pasti mempunyai tujuan hidup. Untuk dapat memenuhi tujuan tersebut, dibutuhkan visi dan misi. Demikian juga dalam organisasi, untuk dapat mengembangkan mutu sumber daya manusia yang ada dalam organisasi, diperlukan visi dan misi organisasi yang dijadikan landasan dalam mencapai tujuan. Dengan mengacu pada visi dan misi, seorang karyawan dapat termotivasi untuk dapat meningkatkan kapabilitas dan profesionalitasnya dalam mencapai tujuan.

5. Team Work

Berbagai cara/metode untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia tidak akan maksimal tanpa adanya kerjasama yang baik diantara karyawan, departemen dan manajemen. Lebih lanjut, semangat kerjasama tim/team work dapat mendorong para karyawan untuk belajar dari karyawan lain, sehingga dapat mendorong kemajuan bersama sekaligus lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan mengatasi persoalan.

Di samping itu, dengan kerja sama tim, setiap individu akan terpacu untuk menjadi yang terbaik, dan untuk menjadi yang terbaik tentunya dibutuhkan kemampuan dan keterampilan tersendiri. Oleh sebab itu, semangat sportivitas juga diperlukan dalam kerja tim ini, sehingga tujuan organisasi akan cepat tercapai.

6. Globalisasi


Derasnya arus globalisasi mensyaratkan manusia untuk menguasai teknologi, komunikasi dan informasi, karena dengan penguasaan tersebut manusia akan menjadi unggul di berbagai bidang. Terkait dengan pengembangan sumber daya manusia, maka menyongsong dan ikut andil dalam globalisasi adalah suatu keniscayaan, tentunya dibarengi dengan sumber daya manusia yang matang, yaitu mempunyai wawasan global, kapabel, dan profesional.

7. Good and Clean Government


Meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk menunjang peningkatan sumber daya manusia, akan tetapi tanpa didukung dengan pemerintahan yang baik dan bersih hasil yang dicapai tidak akan maksimal dan berkelanjutan. Oleh sebab itu, sinergi pihak-pihak terkait dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia ini harus ditingkatkan. Ibarat gayung bersambut, masyarakat susah payah menempa diri untuk meningkatkan kualitas hidupnya, selayaknya mendapatkan dukungan dari pemerintah yang dengan segala kekuasaannya dapat memberikan kemudahan dan mendorong guna terciptanya masyarakat Indonesia yang berkualitas.

Program Peningkatan Mutu SDM

Follow by Email