Tuesday, September 27, 2016

Wirausaha | Budi Daya | Unggas Petelur | Khasiat Telur Bebek | Pengertian Budi Daya Unggas | Ragam dan Manfaat | Ayam | Puyuh | Desain Pengemasan

Wirausaha dan Budi Daya Unggas Petelur


Pada artikel ini, Anda akan mempelajari tentang budi daya unggas petelur. Unggas petelur apa sajakah yang kamu ketahui? Apakah yang kalian manfaatkan dari unggas petelur?

Hewan di Indonesia dihiasi dengan jenis unggas. Contoh unggas yang berkembang yaitu diantaranya bebek, ayam, entok, angsa, puyuh, dan masih banyak lainnya. Unggas dikelompokkan menjadi unggas petelur dan pedaging. Unggas petelur banyak dimanfaatkan sebagai penghasil telur. Telur unggas berfungsi untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Budi daya unggas adalah usaha yang telah dilakukan dari zaman dahulu. Baik dalam skala kecil maupun besar. Budi daya unggas petelur bisa dilakukan di halaman, maupun dengan pembuatan tempat budi daya khusus. Telur termasuk dalam kebutuhan pokok masyarakat. Kesehatan masyarakat didukung dengan konsumsi telur secara rutin dalam jumlah yang cukup. Selain sebagai pemenuh kebutuhan protein masyarakat, budi daya unggas petelur juga merupakan wujud menghargai dan peduli terhadap unggas petelur sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Indonesia yang dahulu dikenal dengan sektor pertanian dan perikanan yang unggul, kini harus dibangun kembali. Dengan perkembangan ilmu dan teknologi, diharapkan generasi muda mampu memajukan kembali budi daya unggas di Indonesia. Kandungan gizi telur juga bermanfaat untuk mencerdaskan generasi bangsa. Dengan mempelajari artikel ini kita juga akan mengenal berbagai jenis unggas petelur yang ada di Indonesia.

Mengenal Budi Daya Unggas Petelur


Telur apakah yang kamu konsumsi sehari-hari?
Unggas petelur bermanfaat untuk menghasilkan telur yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Bacalah bacaan di bawah ini dengan saksama untuk mendapatkan gambaran tentang unggas petelur!

Telur Bebek yang Berkhasiat
Bebek atau itik dikenal dengan lingkungan tempat tinggalnya di lumpur.
Telur dikenal sebagai sumber protein hewani selain daging. Telur bebek disebut memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan dari jenis unggas lainnya.
Telur ini juga mengandung kolesterol yang tinggi dibandingkan yang lain, namun menurut penelitian, kolesterol pada telur bebek tidak mempengaruhi darah.
Telur Bebek

Bagaimanapun mengkonsumsi telur dalam jumlah yang banyak juga mengahasilkan dampak yang tidak baik.
Contoh dari olahan telur bebek salah satunya adalah telur asin. Telur bebek mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B12, Vitamin D, vitamin E, zat besi, dan natrium. Adapun fungsi dari mengkonsumsi telur bebek yaitu menjaga kecantikan, kesehatan mata, pencernaan, menjaga sistem imun, kesehatan serta pembuatan hormon tubuh. Kelebihan dari telur bebek yang menarik salah satunya adalah untuk kecantikan. Telur bebek dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, membersihkan jerawat dan komedo, menghaluskan dan melembapkan rambut dan wajah.
Setelah membaca Telur Bebek yang Berkhasiat di atas, wawasan apakah yang kamu dapat? Telur bebek dikenal masyarakat dengan kendungan protein dan kolesterol yang tinggi dibandingkan telur unggas lainnya. Tidak hanya telur bebek, telur unggas lain juga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Manfaat telur bebek selain sebagai bahan pangan ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Jika diteliti lebih lanjut, pasti telur bebek mempunyai manfaat yang lebih luas.

Sebelum kamu mendalami materi budi daya unggas petelur, selesaikanlah terlebih dahulu kegiatan berikut ini dengan penuh disiplin dan jujur.

Kegiatan
Judul Kegiatan : Berlatih Mengidentifikasi Jenis dan Manfaat Produk Budi Daya Unggas Petelur Jenis Kegiatan : Kerja Kelompok

Tujuan Kegiatan : Peserta didik dapat menyebutkan jenis dan manfaat produk budi daya unggas petelur dengan tepat.

Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
1. Bentuklah kelompok dengan teman sebangkumu!
2. Bacalah buku/artikel yang mengulas tentang produk budi daya berbagai unggas petelur!
3. Bertanyalah pada orang yang mengerti / gurumu tentang produk unggas petelur yang kamu amati!
4. Carilah data tambahan tentang masing-masing produk dari berbagai sumber!
5. Identifikasilah data yang kamu peroleh dengan membuat kesimpulan seperti berikut.
a. Nama unggas
b. Kandungan telur
c. Manfaat
d. Bagaimana sistem pemasarannya?

6. Setelah selesai, presentasikan hasil kesimpulanmu di depan kelas dan bandingkan hasilnya dengan temanmu yang lain!

Kamu telah berhasil menyebutkan dan menjelaskan manfaat produk dari berbagai unggas petelur di sekitarmu. Pada kegiatan tersebut, kamu juga berlatih bertanggung jawab dan bekerja sama dengan kelompok. Dalamilah pengetahuanmu dengan mempelajari materi berikut ini dengan sungguh-sungguh.

1. Pengertian Budi Daya Unggas Petelur

Budi daya merupakan usaha yang bermanfaat untuk memberikan hasil. Unggas adalah hewan bersayap, berkaki dua, berparuh, dan berbulu dapat dipelihara dan diternakkan sebagai penghasil bahan pangan (daging dan telur). Budi daya unggas petelur mempunyai tujuan khusus yaitu untuk menghasilkan telur. Kebutuhan akan telur setiap hari terus meningkat baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri. Beberapa unggas yang menghasilkan yaitu diantaranya bebek, ayam, entuok, puyuh, dan lain-lain.

2. Ragam dan Manfaat Unggas Petelur

Beberapa unggas yang menghasilkan telur yang dimanfaatkan di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Ayam

Ayam dapat dikatakan sebagai unggas dengan telur yang paling banyak dikonsumsi. Telur ayam mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflacin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, choline, besi, kalsium, fosfor dan potasium.
Ayam Petelur

Telur ayam juga merupakan bahan pangan sumber protein lengkap yang terbilang terjangkau. Satu butir telur ayam berukuran besar mengandung sekitar 7 gram protein. Kandungan vitamin A, D dan E terdapat dalam kuning telur. Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori. Satu kuning telur besar mengandung dua per tiga jumlah kolesterol harian yang dianjurkan yaitu 300 mg. (http://radaronline.co.id/, diakses 4 Mei 2015, pukul 13.21 WIB)

Telur ayam banyak digunakan untuk keperluan makan sehari-hari, membuat kue, merawat kulit, dan banyak lainnya.

b. Bebek

Bebek PetelurJika kamu pernah melihat seorang petani atau peternak sedang menggembala bebek, maka terdapat pembudidayaan bebek di sekitar tempat tinggalmu. Bebek merupakan burung akuatik yang sebagian besar berukuran kecil jika dibandingkan dnegan kerabatnya, angsa. Telur yang dihasilkan oleh bebek mengandung 189 kilokalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu di dalam telur bebek juga terkandung vitamin A, vitamin BI dan vitamin C. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram telur bebek. 

Manfaat dari telur bebek diantaranya bahan membuat martabak, telur asin, dan banyak lainnya.

c. Puyuh

Puyuh PetelurPuyuh adalah unggas berupa burung yang berukuran sedang. Ciri dari burung puyuh selain tubuh yang pendek adalah bulu burung yang belang berwarna coklat, putih, dan hitam. Dalam telur puyuh mengandung protein, vitamin BI, vitamin A dan B2, zat besi, potasium dalam setiap butir. Telur puyuh mengandung kolesterol baik, namun jumlah pengonsumsiannya harus tetap dalam batas wajar.
Contoh manfaat telur puyuh yaitu dimasak sebagai makanan sehari-hari baik di dadar maupun dimasak bacem.

3. Desain dan Pengemasan Budi Daya Unggas Petelur

Desain dan pengemasan budi daya unggas petelur dapat dibagi menjadi beberapa tahap. Berikut pengemasan budi daya unggas petelur dalam beberapa tahap.

a. Tahap budi daya

Budi Daya Bebek Petelur
Tahap ini pengemasan dapat dikatakan sebagai wadah atau tempat budi daya unggas. Tempat budi daya biasa berupa kandang terbuka maupun tertutup. Budi daya ayam petelur biasa ditempatkan dengan wadah dalam satu rangkaian dan dipisah oleh sekat. Namun pada budi daya bebek petelur, bebek hidup bersama dalam satu kandang.

b. Tahap distribusi 

Pendistribusian hasil budi daya dilakukan dengan memasukkan telur ayam pada wadah berbahan plastik yang telah diberi lubang ventilasi. Ayam kemudian dibawa menggunakan mobil pickup. Sedangkan_4>endistribusian telur unggas dilakukan dengan memasukkan telur pada kotak kayu yang telah diberi alas jerami atau menggunakan tempat telur berbahan plastik atau kardus sehingga setiap telur aman selama proses pendisribusian.

c. Tahap pemasaran 

Tahap Pemasaran Telur Bebek
Pemasaran ayam petelur dalam keadaan hidup hanya menggunakan wadah berupa anyaman atau bahkan tanpa wadah. Sedangkan pemasaran telur ayam akan dikemas dalam wadah yang efektif, efisien, dan menarik.

Perbedaan dari telur ayam negeri dengan telur ayam kampung adalah pada ukuran dan kuning telur. Telur ayam kampung berukuran lebih kecil, berwarna dan ukuran kuning telur lebih besar. Telur-telur di atas biasa dijual di pasar maupun supermarket. Telur adalah bahan pangan alami yang memiliki masa konsumsi terbatas apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Penjualan telur biasanya dikemas dalam kemasan plastik, sterofoam atau kotak kayu berjerami.

Pengemasan Telur BebekPengemasan telur tentunya disesuaikan dengan karakteristik telur. Telur adalah bahan yang mudah pecah dari mudah terkontaminasi dengan bahan lain atau terpengaruh oleh suhu penyimpanan telur, berikut ini adalah pengemasan telur yang ada di sekitar kita.




Peluang Usaha Budi Daya Unggas Petelur

Budi daya unggas petelur memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Kebutuhan akan protein hewani berupa telur dibutuhkan masyarakat setiap harinya. Tambahlan wawasanmu tentang peluang usaha budi daya unggas petelur dengan membaca artikel berikut ini!

Festival Ayam dan Telur Bagikan 4000 Paket Telur Rebus dan Daging Ayam
Festival Ayam dan Telur ini bertemakan "The Power ofChicken and Eggs" merupakan ajang promosi pemerintah daerah dalam meningkatkan gizi masyarakat, memberi gambaran betapa pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi kepada masyarakat yang diharapkan nantinya bisa meningkatkan angka konsumsi telur dan daging perkapita. hidup sehat tak hanya berolahraga, namun badan juga membutuhkan makanan yang bergizi. Kabupaten Ciamis merupakan penghasil budi daya ayam petelur yang besar. Hasil budi daya berupa ayam dan telur ayam yang besar tidak sebanding dengan tingkat konsumsi masyarakat. Sebagian besar hasil budi daya dikirim ke luar daerah Ciamis. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi protein hewani berupa telur. Protein hewani bermanfaat penting untuk memenuhi gizi masyarakat terutama generasi? muda. Dengan mengonsumsi telur secara rutin dalam jumlah yang cukup dapat membantu peningkatan kecerdasan otak. Generasi muda yang cerdas dan sadar akan pentingnya gizi menjadi awal lahirnya bangsa yang besar.
Pada artikel telah dijelaskan pentingnya konsumsi protein hewani. Pemenuhan gizi masyarakat akan kebutuhan gizi dari telur menjadi peluang usaha budi daya unggas petelur. Daerah yang berkembang dengan baik yaitu daerah yang mampu memenuhi kebutuhan daerahnya.
Sebelum kamu mendalami materi peluang usaha budi daya unggas petelur lebih dalam ini, kerjakanlah kegiatan berikut dengan jujurdan sungguh-sungguh.

1.  Peluang Usaha Budi Daya Unggas Petelur di Indonesia


Peluang usaha merupakan sebuah kondisi atau kesempatan yang dimiliki seseorang. Peluang usaha dapat dilihat dengan cara analisis. Hal yang dianalisis meliputi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman usaha budi daya unggas petelur. Contoh analisis SWOT usaha budi daya unggas petelur di antaranya yaitu:
  1. Kekuatan/Strenght; tersedianya lahan budi daya yang mendukung, ketersediaan bibit ayam petelur yang berkualitas, banyaknya tenaga ahli budi daya unggas petelur.
  2. Kelemahan/weakness; Kurangnya pengetahuan dan wawasan petani untuk menjalankan budi daya unggas petelur, lokasi budi daya dekat dengan gudang penyimpanan hasil pertanian.
  3. Peluang/Opportunity; Hasil telur dari unggas banyak dikonsumsi masyarakat, waktu budi daya singkat dan dapat menghasilkan banyak telur.
  4. Ancaman/T/irazf; banyaknya pesaing budi daya unggas petelur yang sama, munculnya penyakit unggas yang bisa membunuh unggas.
Berdasarkan analisis di atas, terdapat hal lain yang harus dipertimbangkan. Hal-hal tersebut di antaranya:
  1. Mudah tidaknya dibudidayakan; terdiri dari lokasi yang akan digunakan, jangka waktu produksi, dan lainnya.
  2. Selera dan Perkembangan pasar; Pilih unggas petelur yang laku dipasaran, sesuai dengan modal, dan proses yang akan dilakukan.
  3. Pemenuhan kebutuhan pasar; Jenis unggas petelur dan pasar ditentukan dengan tepat.

2.  Keberhasilan dan Kegagalan Budi Daya Unggas Petelur

    Budi daya unggas petelur akan memberikan hasil yang besar jika dilakukan dengan tekun dan teliti. Dengan bermodal analisis SWOT, pembudidaya dapat membuat strategi untuk sukses dan mencegah kegagalan budi daya. Adapun faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha budi daya unggas petelur yaitu:
    1. Pemilihan bibit yang tepat dan berkualitas.
    2. Penempatan lokasi kandang yang tepat.
    3. Pakan dan vitamin yang lengkap serta rutin.
    4. Kebersihan kandang dan kenyamanan unggas.
    5. Prosedur pemeliharaan yang tepat dan dilaksanakan dengan teliti dan rutin.
    6. Pencegahan dan pengendalian penyakit.
    7. Modal yang besar untuk menjalankan usaha.
    8. Perencanaan, dan manajemen usaha yang matang.
    9. Sikap pembudidaya unggas petelur yang inovatif dan kreatif.
    Sedangkan faktor yang dapat mempengaruhi kegagalan usaha budi daya unggas petelur adalah berikut.
    1. Terbatasnya modal untuk menjalankan dan mengembangkan usaha.
    2. Kurangnya motivasi dan pengetahuan tentang usaha budi daya unggas petelur.
    3. Kesalahan pemilihan bibit unggas petelur.
    4. Kesalahan lokasi budi daya dan prosedur pemeliharaan.
    5. Kurangnya manajemen usaha, hanya asal membeli induk dan tidak menghitung hasil telur yang didapat.
    6. Sikap pembudidaya yang kurang inovatif dan kreatif.
    Peluang Usaha Pembenihan Ikan Lele