Sunday, June 5, 2016

Sifat-Sifat Botani dan Varietas Buah Semangka

Sifat-Sifat Botani Dan Varietas Semangka

Sifat-Sifat Botani Semangka

Semangka merupakan jenis tanaman dalam yang tergolong dalam famili Cucurbitaceae. Sejenis tanaman yang menjalar. Semangka yang berbuah sekali, oleh karenanya disebut juga dengan tanaman semusim. Umur dari tanaman semangka mulai dari bibit ditanam sampai menghasilkan buah yang siap panen pada kondisi lahan dan cuaca normal berkisar antara 70 - 100 hari. Jenis tanaman semangka ini memiliki akar serabut, maka dari itu semangka menghendaki tanah yang gembur dan porous. Dari batang utamanya tumbuh cabang-cabang produktif yang disebut dengan cabang lateral. 

Daunya berbentuk cuping, yang terletak berseberangan beraturan sepanjang sulur tanaman. Panjang sulurnya bisa mencapai 5-6 meter bahkan bisa lebih, tergantung pada kondisi di sekitar tanaman itu sendiri serta faktor kesuburan tanah juga mempengaruhi. Bunga tanaman semangka timbul di ketiak tangkai daun. Dan disetiap tanaman akan muncul kuntum-kuntum bunga yang berwarna kuning cerah yang mampu memikat seranggga. Serangga-serangga ini secara tidak langsung membantu dalam proses penyerbukan.

Bunga dari tanaman semangka tidak sempurna, maksudnya antara tepung sari dan kepala putik yang dipunyai setiap bunga tidak terletak pada bunga yang sama. Tepung sari yang ada pada bunga yang memiliki tangkai lurus disebut dengan bunga jantan. Dan kepala putik yang terdapat pada bunga yang ditangkainya terlihat adanya bakal buah yang menggelembung. Maka bunga inilah yang di namakan dengan bunga betina.


Bunga betina yang terserbuk dengan sempurna akan berkembang menjadi buah semangka. yang bentuknya sesuai dengan varietas induk. Secara umum, bentuk semangka dapat dikelompokan menjadi 3 golongan, yaitu :

  1. Buah berbentuk bulat
  2. Buah berbentuk bulat tinggi.
  3. Buah berbentuk bulat panjang (oblong)
Lebih jelasnya bisa lihat pada gambar berikut :

Dari ketiga bentuk diatas mempunyai kulit buah bergaris memanjang ada juga yang polos, tergantung dari varietasnya. Serta ukuran besar buah. Dalam hal ukuran buah ini bisa di kelompokkan menjadi : 
a. Klas A : Buah berukuran lebih dari 4 kg, dengan bentuk buah yang proporsioanl, dan tidak keropos.
b. Klas B : Buah yang berukuran antara 2 - 4 Kg.
c. Klas C : Buah yang kurang dari 2 kg.
d. Klas BS : Buah yang tidak layak untuk di jual, akibat bentuk yang kurang sempurna ataupun sebab lainnya, tanpa menghiraukan berat buat itu sendiri.

Daging buah berupa remah yang banyak mengandung air, dengan warna yang merah ataupun kuning, menurut jenis varietas induknya. Pada jenis varietas semangka haploid (berbiji), bijinya terletak relatif agak di tengah buah. Biji buah yang sudah tua berwarna coklat kehitam-hitaman.

Kandungan mineral pada setiap 100 gram buah semangka kurang lebih sebagai berikut :
- Air : 92 gram.
- Protein : 0,5 gram.
- Karbohidrat : 6,9 gram dalam bentuk larutan gula.
- Vitamin A : 590 gram S.I.
- Vitamin C : 6 m gram.
- Abu/Serat : 0,3 m gram.
- Calsium : 7 m gram
- Besi : 0,2 m gram.
- Pospor : 12 m gram
- Nilai buah : 28 kalori.

Varietas Semangka

Jenis dari varietas semangka ini banyaknya puluhan, yang lazim untuk dibudidayakan. Namun dari beberapa varietas tersebut hanya beberapa saja yang diminati oleh para petani maupun konsumen buahnya yang beredar di pasaran.

Jenis dari varietas semangka yang cocok di budidayakan di daerah Indonesia secara umum dapat dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu :

Semangka Lokal
Semangka jenis lokal dahulunya berasal dari Afrika, namun setelah diupayakan sedemikian rupa pada suatu daerah lama-kelamaan, tanaman serta buahnya mengalami perubahan, yang pada akhirnya memiliki ciri khas baru yang berbeda dengan varietas induk asalnya. 

Diantara jenis semangka yang dibudidayakan antara lain :

a. Semangka Pasuruan

Ciri-cirinya :
  • Warna kulit yang hitam mengkilat. Bentuk buah bulat.
  • Daging buahnya berwarna merah muda.
  • Ukuran buah relatif kecil, namun memiliki rasa yang manis.
b. Semangka Batung Sengkaling

Ciri-cirinya :
  • Kulit buah warnanya hijau terang dengan garis hijau gelap.
  • Kulitnya relatif tipis, mengakibatkan mudah pecah apabila terlambat panen.
  • Buahnya berbentuk oval (bulat telur)
  • Warna daging buahnya merah jambu/
  • Rasa cukup manis.
c. Semangka Bojonegoro

Ciri-cirinya :
  • Memiliki biji buah yang banyak
  • Rasanya kurang mengundang selera.
  • Semangka jenis ini hanya di manfaatkan bijinya sebagai kwaci.
  • Kulit buah semangka jenis ini warna hijau gelap yang bergaris.

Semangka Hibrida Impor

Jenis dari semangka ini merupakan impor dari negara lain. Umumnya benih impor ini adalah merupakan hasil silangan (hibridasi) dari beberapa jenis buah induk yang masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri.
Diantar hasil penyilang tersebut seperti : Benih yamato, sugar suika, cream suika dan lain-lainya. Namun benih-benih semangka ini sulit di dapatkan di Indonesia.

Demikian uraian tentang sifat-sifat Botani dan Varietas Semangka semoga ada manfaatnya.

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner