Friday, April 3, 2015

Otomotif yang populer saat ini

otomotif yang populer saat iniHonda Mobilio adalah mobil kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) adalah MPV Mini dengan tujuh tempat duduk yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang Honda. Generasi pertama Mobilio yang diproduksi tahun 2001-2008, dalah seri kedua di Honda Small Max dan juga mengambil konsep Honda's Global Small Platform dengan mesin i-DSI. Pada bulan Mei 2008, Honda Freed diperkenalkan, menggantikan Mobilio. Generasi kedua
Mobilio berbasis Honda Brio diperkenalkan di Indonesia pada bulan September 2013 di Indonesia International Motor Show 2013 dan mulai dipasarkan pada bulan Januari 2014 dan telah diperkenalkan di pasar India pada bulan Juli 2014.

Honda Mobilio menggunakan mesin
iVTEC SOCH 1.5 L 16 valve dengan tenaga 118 PS @ 6600 RP, dengan torsi maksimal 14,8 N.m pada 4600 RPM. Sistem suplai bahan bakarnya menggunakan teknologi PGM-FI yang mampu menggunakan bahan bakar secara minimal namun mampu mengeluarkan energy secara maksimal. Sistem suspensinya MacPherson Strut untuk bagian depan dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang.

otomotif yang populer saat ini

Nissan Motor Co., Ltd.
mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga
merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi –
akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT.

Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

otomotif yang populer saat ini


Honda Brio adalah mobil berjenis hatchback subkompak 5 pintu yang diproduksi Honda di India dan Thailand. Mobil ini diperkenalkan tahun 2011.

Honda Brio diluncurkan di Indonesia pada bulan Agustus 2012, dengan harga ketika peluncuran berkisar antara 149-170 juta rupiah. Pada bulan Agustus 2013, Brio mulai dirakit di Indonesia dengan kehadiran versi LGCC bernama Brio Satya.

otomotif yang populer saat ini


Toyota Agya adalah mobil kota yang dirancang oleh Daihatsu. Mobil ini diproduksi di Indonesia. Daihatsu merancang dan memproduksi mobil ini, yang kemudian dijual sebagai Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Daihatsu memasok mobil ini untuk Toyota di bawah konsinyasi produksi dan perjanjian manufaktur OEM. Mobil ini ditampilkan pertama kali di Indonesia International Motor Show 2012. Penjualannya sudah dimulai sejak diluncurkan tanggal 9 September 2013 karena sudah melewati tes LCGC (Low Cost Green Car) dari pemerintah. Nama "Agya" diambil dari kata Sanskerta, yang berarti "cepat".

Agya dan Ayla adalah jawaban dari Astra, Toyota dan Daihatsu untuk rencana pemerintah Indonesia dari aturan LCGC. Agya dan Ayla menggunakan mesin sama yang digunakan oleh Toyota Aygo, Peugeot 107 dan Citroen C1. Perbedaan Agya dan Ayla adalah fasia depan, emblem, fitur, dan varian.

Pada bulan Juli 2013, Toyota Filipina mengumumkan bahwa mereka akan mengimpor Agya pada bulan Desember untuk bersaing dengan Mitsubishi Mirage. Mobil ini akan menggunakan nama yang berbeda untuk pasar Filipina. Bulan Januari 2014, diumumkan nama yang dipakai adalah "Wigo".

otomotif yang populer saat ini

Honda Jazz adalah mobil hatchback 5 pintu produksi pabrikan otomotif Jepang Honda Motor Company. Mulai diperkenalkan pada tahun 2001 dan sekarang memasuki generasi keduanya. Nama Honda Jazz digunakan di Eropa, sebagian Asia, Australia, Oceania, Timur Tengah, dan Afrika. Di Jepang, China, dan Amerika, mobil ini dinamai Honda Fit. Sampai tahun 2007, telah terjual 2 juta unit Honda Jazz di seluruh dunia

otomotif yang populer saat ini

Ford EcoSport adalah mini SUV yang awalnya dibuat oleh Ford Brazil sejak tahun 2003 di pabrik Cama├žari. Generasi kedua EcoSport diluncurkan tahun 2012 dan juga dirakit di pabrik baru di Chennai, India.
otomotif yang populer saat ini
Chevrolet Spin adalah mobil berjenis MPV yang diproduksi oleh Chevrolet. Saat ini, Spin diproduksi di Brasil oleh General Motors do Brasil dan Indonesia oleh GM Autoworld Indonesia. Di Brasil, Spin akan menggantikan posisi Chevrolet Meriva, sedangkan di Indonesia, Spin akan mengisi pasar low MPV yang selama ini belum dimiliki oleh GM di Indonesia. Di Indonesia, menurut rencana, Chevrolet Spin akan diluncurkan secara resmi pada bulan April 2013 dengan harga mulai 139 sampai 189 juta rupiah. Variasi mesin yang tersedia ada 3 macam, yaitu mesin bensin 1.2L dan 1.5L serta mesin diesel 1.3L.  Di Brasil sendiri, versi tertinggi Spin menggunakan mesin bahan bakar fleksibel 1.8L SOHC bertenaga 108 hp pada 6.200 rpm dan torsi 17.1 kgf.m pada 3.200 rpm.

Pada bulan Juli 2014, GM melakukan perbaikan massal pada Spin, yakni penggantian katup ventilasi pada sistem bahan bakar yang terdapat pada sejumlah12.628 unit Spin bensin. Serta penggantian pelindung fuse box di area mesin terhadap 11.294 unit, baik varian bermesin diesel maupun berbahan bakar bensin. Beberapa laporan gangguan teknis terkait kedua komponen tersebut terdeteksi sejak September 2013 hingga Mei 2014. Meski demikian, jumlah keluhan hanya terdata sekitar 0,1 persen dari total Spin yang dijual di Indonesia.

otomotif yang populer saat ini


Mitsubishi Challenger atau Mitsubishi Pajero Sport adalah sebuah kendaraan yang dibuat oleh Mitsubishi Motors. Mulai diproduksi di Jepang tahun 1996, dan mulai diekspor keluar tahun 1997. Di beberapa negara, mobil ini dinamai berbeda, seperti Nativa (Amerika Tengah), Montero Sport (Amerika Utara), Shogun Sport (Inggris), dan G-Wagon (Thailand). Semakin meningkatnya popularitas mobil ini, maka Mitsubishi membuat pabrik perakitan di China tahun 2003.

Generasi kedua mobil ini mengambil platform yang sama dengan Mitsubishi Triton.

Produksi dimulai di Jepang tahun 1996 dan mulai diekspor tahun 1997. Mobil ini dinamai berbagai macam antara lain Challenger, Pajero Sport di Eropa, Montero Sport di Amerika Utara, Amerika Selatan, Filipina, Nativa di Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah, Shogun Sport di Inggris, dan G-Wagon di Thailand. Seperti Pajero, mobil ini dilengkapi dengan suspensi depan independen (independent front suspension) dengan torsion bar dan live rear axle. Dalam perkembangannya, suspensi belakang mobil ini juga mengalami pergantian dari per daun menjadi per keong di akhir tahun 2000. Mobil ini mulai dirakit di Tiongkok tahun 2003, dan Brasil tahun 2006.

otomotif yang populer saat ini


Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang di pasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Nama "Avanza" berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti "peningkatan".

Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi pengaturan katup variabel VVT-i yang melengkapi semua versi (facelift). Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S (1.5 S VVT-i) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15". Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Sementara perubahan model secara keseluruhan (full model change) dilakukan pada tahun 2011 yang menandai mulainya generasi kedua. Munculnya varian baru Veloz (berasal dari bahasa Inggris, Velocity yang artinya kecepatan) menjadi varian teratas (top of the line) juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya. Selain itu, pada bulan Juni 2014, Toyota juga menghadirkan Avanza Luxury sebagai varian termewah dari Avanza.

Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5 G dilengkapi dengan airbag), Thailand, dan Filipina, selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Meksiko. Sementara Daihatsu Xenia generasi pertama juga dijual di Republik Rakyat Tiongkok dengan konfigurasi kapasitas mesin 4 silinder 1.300 cc seperti Toyota Avanza.

otomotif yang populer saat ini

Honda CR-V adalah sebuah SUV buatan pabrikan otomotif Jepang Honda sejak 1996. CR-V tersedia dalam penggerak roda depan dan penggerak empat roda, meskipun di beberapa negara hanya tersedia
penggerak empat roda saja, seperti di Inggris, dan Australia.

Honda CRV Generasi Pertama diproduksi dari 1996 sampai 2001. Saat itu, hanya 1 model yang tersedia dengan mesin 2.0L (tenaga maks. 126 hp (94kW) dan torsi maks. 180 Nm).

Honda CR-V mengalami perubahan minor tahun 1999 dengan adanya perubahan mesin. Hal itu disebabkan karena adanya kritikan pada mesinnya yang tidak cukup mumpuni tenaganya untuk membawa CR-V yang 1.500 kg. Maka, Honda membaharui mesinnya sehingga tenaganya menjadi 146 hp (109 kW)/6200 rpm dan torsi 133 lb·ft (180 N·m)/4500 rpm.