Monday, March 27, 2017

Pemilihan Kandang Bebek, Kandang Bebek Yang Baik dan Ideal, Jenis-Jenis Kandang Bebek

Pemilihan Kandang dan penempatan kandang Bebek yang baik


Pemilihan Kandang Itik Petelur
Kandang adalah struktur atau bangunan di mana hewan ternak dipelihara. Kandang seringkali dikategorikan menurut jumlah hewan yang menempatinya; ada yang hanya berupa satu bangunan satu hewan, satu bangunan banyak hewan namun terpisah sekat, dan satu bangunan diisi banyak hewan tanpa sekat.

Kandang merupakan istilah umum dalam bahasa Indonesia, sedangkan bahasa Inggris memiliki banyak istilah yang seringkali dibedakan menurut jenis hewan yang dipelihara dan cara pemeliharaannya.


Kandang ayam dapat disebut dengan chicken tractor atau chicken coop (untuk ayam yang dikandangkan di pekarangan rumah); battery cage (kandang ayam petelur yang sangat sempit); dan furnished cage (battery cage dengan kondisi yang lebih baik).

Pada umumnya, kandang dalam peternakan itik dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kandang untuk DOD atau anak bebek, kemudian untuk bebek dara, terakhir yaitu untuk bebek dalam masa bertelur. Dari tiga macam kelas tersebut ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dan diketahui bagi anda yang akan merintis usaha budidaya itik. Sesuaikan dengan keadaan dan lingkungan anda, jangan terlalu terpaku pada tulisan ini dan berinovasi lah. Karena banyak sekali faktor yang menentukan baik tidak nya suatu kandang untuk jenis itik tertentu dan lingkungan tertentu.

Kandang Bebek Yang Baik dan Ideal

Kondisi keseluruhan kandang harus nyaman, kering dan bersih dari kotoran. Dinding utama harus tertutup, karena itik akan gelisah jika melihat hewan lain seperti anjing atau kucing melintas di dekat kandang. Selain itu, dinding yang sedikit terbuka juga berfungsi sebagai jalannya sirkulasi udara, dimana angin luar tidak masuk secara langsung ke dalam kandangn namun dapat terfilter. Untuk atap seperti biasa, sebagai media berteduh bagi bebek saat matahari panas terik dan hujan datang.

Suhu ruang di dalam kandang. Baik sekali jika bisa anda sering mengecek kondisi dan suhu dalam kandang. Usahakan suhu selalu sama seperti suhu ruangan, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Yaitu antara 27° hingga 30° celcius. Hal ini dapat kita antisipasi sebelum membuat kandang, kita dapat membuat kandang menghadap barat atau timur sehingga angin dan panas matahari dapat silih berganti masuk ke dalam kandang. Sinar matahari yang masuk dapat menjadi sarana dalam menghilangkan kelebaban dan penyakit yang menumpuk di dalam kandang. Sedangkan angin sebagai penyuplai udara.

Penerangan. Juga merupakan hal yang penting dalam ternak bebek. Penerangan kandang haruslah cukup. Selain memudahkan kita dalam merawat dan melihat kondisi itik, penerangan juga dapat membuat itik menjadi nyaman dan suhu terkendali.

Ruang Gerak. Kenapa ruang gerak juga penting? ini dikarenakan bebek tidak suka makan dan minum secara bersamaan dalam satu waktu, mereka lebih memilih bergantian daripada berdesakan. Oleh karena itu, dengan ruang gerak yang luas kita dapat menghemat waktu dan pemeliharaan menjadi lebih efisien. Penting sekali untuk kandang bebek pedaging yang harus memacu ukuran itik hingga siap jual.

Tinggi kandang. Jangan terlalu pendek dan terlalu tinggi, usahakan sesuai dengan tinggi badan kita, usahakan lebih tinggi. Bisa 2-3 meter sehingga kita dapat mudah dalam merawat dan memberi makan itik.

Kebersihan. Bersihkan tempat dan media sebelum dan sesudah kandang jadi secara rutin. Jangan hanya sekali sebelum pembuatan kandang saja kita lakukan penyemprotan. Pemberian disinfektan secara rutin sangat diperlukan. Berikan semprotan dan disinfektan saat bebek/itik sedang keluar dari kandang. Ingat, kandang itik yang baik adalah yang kering dan bersih dari penyakit.

Buat desain kandang. Alangkah baiknya sebelum anda mulai membuat, anda buat sketsa. Dimana letak wadah pakan, tempat mandi dan lain-lain. Tujuannya agar anda mudah dalam menempatkan segala sesuatu nantinya. Untuk kandang bebek petelur, jangan lupa siapkan wadah untuk menampung telur di dalam kandang, buatlah petak - petak yang tidak terlalu besar sehingga dapat memudahkan kita saat panen telur.

Selanjutnya, setelah anda memahami berbagai jenis dan tipe kandang bebek. Karena berdasarkan pengalaman, masing - masing kandang tersebut memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Alangkah baiknya sebelum kita menentukan bentuk kandang yang akan kita buat, kita tahu lebih dahulu mengenai jenis kandang bebek yang banyak digunakan oleh para peternak itik.

Jenis - Jenis Kandang Bebek

Kandang Baterai :  Tipe kandang ini menggunakan sistem satu kandang untuk seekor itik. Biaya pembuatannya pun paling mahal dibandingkan tipe kandang yang lain. Dengan luas 50cm persegi dan satu baris berisi 5 kandang. Dengan kandang baterai, kita dapat lebih mudah melakukan kontrol pada setiap itik/bebek. Namun perkawinan itik harus dilakukan dengan inseminasi buatan yang memakan biaya. Kandang jenis ini sekarang hanya dipakai untuk anakan bebek atau starter.

Kandang Ranch / Ren: Ini adalah tipe kandang yang banyak dipakai oleh para peternak itik dan dapat berisi lebih dari satu bebek. Cocok sebagai kandang bebek pedaging dan petelur dewasa. Umbaran/latar untuk bermain bagi ternak membuat kandang jenis ini terlihat alami. Selain itu, juga terdapat kolam di depan kandang yang membuat bebek dapat mandi dan berenang saat udara panas.

Kandang Postal : Kandang jenis ini hampir sama dengan kandang ren, karena dapat berisi lebih dari satu bebek. Bahkan satu petak kandang dapat berisi ratusan ekor bebek. Tergantung dengan luas lokasi. Sangat menghemat tempat karena wadah pakan dan telur terdapat di dalam kandang, sehingga lebih mudah dalam pemberian pakan. Usahakan jika anda menggunakan jenis kandang ini, buatlah dengan tinggi maks 2 meter, agar lebih mudah dalam panen dan pemberian pakan. Jenis kandang postal cocok untuk pembesaran itik pedaging/konsumsi.

Demikian tadi jenis - jenis kandang bebek dan beberapa poin penting dalam merancang kandang bebek yang baik. Buatlah kandang yang bagus dengan bahan - bahan yang mudah di dapat di sekitar anda. Usaha peternakan itik memang menguras biaya, namun hasilnya dapat kita nimati secara kontinu tanpa henti, asalkan kita tetap teliti dan sabar dalam melewati masalah yang ada. Untuk artikel selanjutnya, kami akan memberikan cara pembuatan kandangnya secara mendetail. Sekian, semoga bermanfaat bagi anda sobat ternak :)