Search This Blog

Jumat, 19 Agustus 2016

UKM, Kain Tenun, Baju Tenun, Batik Tenun Diapresiasikan Lewat Pameran Wastra Tenun Nusantara, Otten Coffee

 Kekuatan Berfikir Positif 

Impor Ilegal Tantangan IKM Tenun Indonesia

Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla mengatakan, masuknya produk impor ilegal dan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi tantangan bagi industri kecil menengah (IKM) tenun di Indonesia.

“Upaya perlindungan terhadap IKM tenun akan mampu melestarikan budaya Indonesia dan tenun merupakan produk warisan budaya yang potensial dikembangkan ke depannya. Untuk itu, harus terus diperhatikan, terutama pembinaan melalui regenerasi perajin,” kata Mufidah Jusuf Kalla.

Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla ini menyampaikan hal tersebut pada Pameran Wastra Tenun Nusantara di Plasa Pameran Industri di Kementerian Perindustrian.
Kain Tenun, Baju Tenun, Batik Tenun Diapresiasikan Lewat Pameran Wastra Tenun Nusantara

Sampai saat ini, kata Mufidah, Dekranas telah melakukan kerja sama dan kemitraan dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk kerajinan tenun dari pelaku industri nasional melalui pengembangan kreativitas berbasis budaya dan kekayaan lokal.

Mufidah mengharapkan, penyelenggaraan Pameran Wastra Tenun Nusantara dapat memperkenalkan, mempromosikan, serta mendukung produk-produk terbaik dari para perajin binaan Dekranas.

Terutama, produk kain tenun, sehingga kerajinan kain tenun di setiap daerah akan dikenal dan dilestarikan oleh masyarakat baik dalam negeri ataupun luar negeri khususnya perkembangan kreativitas dan keunikan kain tenun Indonesia.

Sementara itu, Achmad Sigit Dwiwahjono, Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Kemenperin selaku Pit Diijen IKM mengatakan, dukungan promosi tenun terus dijalankan oleh Kemenperin melalui penyelenggaraan Swarna Fest secara berkesinambungan.

“Acara ini bekerja sama dengan desainer profesional yang peduli dalam pengembangan tenun, selain mengeksplorasi ragam motif yang dimulai dari NTT hingga pada belahan nusantara,” kata Achmad.

Kegiatan tersebut sekaligus mempromosikan bermacam variasi warna alam yang saat ini menjadi trend dalam fashion sehingga mengarahkan IKM tenun untuk menjadi industri yang ramah lingkungan, menghormati para perajin atau pekerja serta menjual dengan harga yang rasional.

Tenun

Sedangkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, produk tenun khas Indonesia harus menjadi andalan, mengikuti jejak batik yang telah lebih dulu dikenal dunia.

“Ini salah satu industri kreatif yang harus didorong. Sesudah batik, tenun harus menjadi andalan Indonesia. Apalagi tenun ini hampir di seluruh provinsi
Empat Hari
  • Pameran Wastra Tenun Nusantara diselenggarakan selama empat hari.
  • Mulai Selasa hingga Jumaty (9-12/8) mulai pukul 09.00-17.00 di Plasa Pameran Industri di Kementerian Perindustrian.
  • Pameran ini mengikutsertakan 40 peserta IKM binaan Dekranas dari berbagai daerah, antara lain Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, NTB, NTT dan Iain-lain .

Indonesia yang memiliki ciri masing-masing

Untuk itu, Airlangga mengimbau para perajin IKM tenun untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya alam sekitar baik yang di dapat dari kebun maupun pekarangan rumah.

Bahan di sekitar perajin tersebut dapat juga dikembangkan menjadi bahan.baku utama, mulai dari kapas hingga bahan pewama alami.

“Upaya tersebut yang akan kami arahkan, penggunaan bahan baku produksi tenun secara swadaya,” kata Airlangga. 

Otten Coffee Bantu Petani Kopi Indonesia

Otten Coffee Bantu Petani Kopi Indonesia

 Otten Coffee Bantu Petani Kopi Indonesia

Perusahaan rintisan (startup) khusus kopi, Otten Coffee, membantu petani kopi Indonesia mendunia melalui pemasaran dalam jaringan (daring) ke mancanegara.

Didirikan 2008, dan memulai perdagangan elektronik pada 2014, perusahaan rintisan yang menjual segala hal tentang kopi itu menghadirkan berbagai jenis kopi khas Indonesia, mulai dari kopi Gayo asal Aceh, kopi Kintamani asal Bali, hingga kopi Manggarai asal Flores.

“Kami mengambil biji kopi langsung dari petani,” kata Bernice Syaiful, Business Development Otten Coffee.

Bernice mengatakan, biji kopi khas Indonesia itu telah mulai diekspor ke sejumlah negara di Asia Tenggara sejak 2009, yang kemudian meluas ke Eropa.

“Di Filipina favoritnya Aceh Gayo. Kalau Eropa mereka cenderung suka yang pekat, rasanya kuat dan pahit. Di Wales Eropa, kami banyak memasok untuk coffee bike (kopi keliling),” kata Bernice.

Tidak hanya membantu petani kopi Indonesia mendunia, Otten Coffee juga baru saja membuat program khusus bagi para petani kopi pada Ramadan lalu.

“Puasa kemarin kami menjalani satu program untuk mendukung petani kopi Indonesia dimana pembelian akan didonasi sebesar 10 persen untuk para petani kopi,” kata Bernice.

Basis Otten Coffee yang berlokasi di Medan, menu-rut Bernice, memudahkan proses ekspor karena berdekatan dengan Singapura.

Selain menduniakan kopi Indonesia, Otten Coffee juga berniat untuk membuat kopi Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dengan adanya toko daring, Otten Coffe menghadirkan berbagai macam program yang mendukung perkembangan dunia kopi, salah satunya gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia demi meng-”kopi”-kan Indonesia.

Tidak hanya menjual biji kopi, Otten Coffee juga me-nawarkan alat dan mesin kopi. Meski demikian, biji kopi tetap menjadi penjual-an terbesar dibanding per-alatan, aksesori, dan mesin espresso.

Data International Coffee Organization (ICO) menun-jukkan total konsumsi kopi mencapai 3,6 juta kantong pada 2012. Selain itu konsumsi kopi meningkat cepat dengan rata-rata 6 persen per tahun sejak 2000. 

Integrasi Go-Jek dan Uber Lewat Google Maps

Integrasi Go-Jek dan Uber Lewat Google Maps

Hugh William, VP Engineering Maps Google, mengumumkan integrasi layanan Go-Jek dan Grab ke dalam aplikasi peta Google Maps.

“Melalui Google Maps Anda dapat memilih opsi perjalanan yang ingin di-lakukan, dan mulai saat ini Anda bisa memesan Go-Jek dan Gfrab melalui Google Maps,” kata Hugh.

Hugh mengatakan, ma-syarakat yang akan me-lakukan peijalanan dapat dengan mudah membuka Google Maps. Di dalam Google Maps tersebut ter-sedia pilihan dalam mela-kukan peijalanan.

Masyarakat yang menginginkan perjalanan dengan menggunakan Go-Jek atau Grab dapat langsung memesan lewat Google Maps tersebut tan-pa perlu membuka aplikasi keduanya. Google Maps menyediakan sejumlah informasi termasuk biaya yang'harus dibayar dalam menempuh perjalanan.

Fitur baru dalam Google Maps tersebut, melengka-pi integrasi Transjakarta yang telah dilaksankan sebelumnya.

Selain itu, Hugh juga memperkenalkan upaya untuk menghemat penggunaan data internet dengan Google Maps offline. Fitur tambahan untuk versi offline adalah dapat disimpan dalam SD Card dan juga mode WiFi.

Dalam kesempatan tersebut, Google juga menyakinkan untuk mendorong pengembangan Google di Indonesia. Google juga memperkenalkan Google Asisten yang akan dirilis di Indonesia. Termasuk komitmennya membuat 100.000 pengembang di Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyambut baik perhelatan Google tersebut. Google diharapkan membawa berbagai teknologi lainnya ke Indonesia.

 Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok

Posting Komentar

Follow by Email