Search This Blog

Jumat, 25 September 2015

Gempa Guncang Papua 24 September 2015

 Kekuatan Berfikir Positif 
Gempa di Papua, Warga di Provinsi Papua Barat panik ketika gempa berkekuatan 6,8 skala Richer mengguncang daerah itu pada Jumat dinihari pukul 01.06 WIT.
http://baritoko.blogspot.com/2015/09/gempa-guncang-papua.html
"Warga panik dan keluar rumah karena takut bangunan rumah ambruk," kata Aufrida Marisan Warga Kabupaten Manokwari Selatan.
Ia mengatakan, warga Kabupaten Manokwari panik dan keluar rumah sebab pengalaman gempa sebelumnya banyak rumah warga yang ambruk.
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Manokwari Deny Putirai yang dikonfirmasi Antara mengatakan lokasi gempa berpusat di dekat Kota Sorong, Papua Barat.
Ia mengatakan, lokasi gempa 0.59 LS dan 131.27 BT yang berjarak 31 kilometer timur laut Kota Sorong, Papua Barat.
"Kedalaman gempa 10 km tidak berpotensi tsunami namun masyarakat diminta untuk waspada kemungkinan terjadinya gempa susulan," ujarnya.
Dia menambahkan, gempa 6.8 skala Richter sangat terasa guncangannya di Manokwari, ibukota Provinsi Papua Barat sebab jarak dengan pusat gempa relatif dekat.

Gempa berkekuatan 6,8 skala richter (SR) menggetarkan Kota Sorong, Papua Barat. Namun tidak ada peringatan tsunami dalam gempa kali ini.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dikutip dari laman resminya, bmkg.go.id, Kamis (24/9/2015), lindu terjadi sekitar pukul 22.53 WIB.

BMKG menjelaskan, koordinat gempa berlokasi di 0,59 Lintang Selatan-131,27 Bujur Timur. Titik gempa berlokasi sekitar 31 kilometer sebelah timur laut Kota Sorong.

Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Namun sejauh ini belum diketahui apakah ada kerusakan atau korban dalam kejadian ini.

Sehari sebelumnya, BMKG menyampaikan telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,4 SR di barat daya Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, Rabu 23 September 2015 pukul 23.18 WIB.

Menurut laman BMKG, seperti disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung Joharman SH MM, gempa itu berada pada lokasi dengan koordinat 6,27 Lintang Selatan-103,33 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman pusat gempa 17 kilometer.

Referensi : http://www.antaranews.com dan Liputan6.com

Posting Komentar

Follow by Email