Search This Blog

Rabu, 18 Februari 2015

Kopi Didih | Manfaat Minuman Kopi | Coffee Drinks Benefits

 Kekuatan Berfikir Positif 






Para penggemar kopi sudah tak asing lagi rasanya kopi, ada beberapa macam kopi yang modern. Seperti tinggal buka langsung celup ke air panas. Jadi deh, clup, clup... clup grooooog segar. Tapi di sini lain dari yang lain. Kenapa demikian, Mungka City blog mencoba membuat sebuah tradisi bagaicara menikmati kopi baik siang, malam, apalagi pagi.


Pertama-tama disiapkan:








  1. Kompor lengkap dengan ketel (jawa) cerek (padang). 

  2. Kopi 

  3. Gula









Masak air sekalian masukkan kopi dan gula, aduk sampai air benar-benar mendidih. Lihat hasil adukan...! Jadi kopi didih, sesuaikan selera anda! Kurang manis, tambah gula, kurang pahit, tambah kopi. Nah sekarang siap untuk mencicipi.









Disamping itu kopi uap juga bisa dilakukan seperti cara yang disebutkan diatas. Tinggal untuk memberi uapannya ke tempat lain.












Khasiat hitam pekat











Banyak orang ragu menikmati kopi karena kafein dalamkopi bersifat meracuni tubuh. Namun, dengan takaran yang pas, kafein dalam secangkir kopi efektif meningkatkan kewaspadaan, bahkan mencegah penyakit-penyakit kronis.




Kafein merupakan senyawa alkaloid, utamanya terdapat dalam teh (1-4,8 persen), kopi (1-1,5 persen) dan biji kola (2,7-3,6 persen). Selain terkandung dalam bahan alami, kafein juga bisa dibuat secara memisintetis.






Meski aman dikonsumsi, kafein dapat menimbulkan reaksi yang tidak dikehendaki seperti insomnia, gelisah, pernapasan meningkat, tremor otot, dan diuresis (sering kencing). Kafein juga dapat menimbulkan ketagihan ringan. Orang yang biasa minum kopi akan menderita sakit kepala di pagi hari atau setelah 12 jam sejak mengkonsumsi kopi.




Tapi, the american journal of Clinical nutrition melaporkan bahwa peminum kopi hitam dengan tingkat asupan biasa saja, yakni dua hingga empat cangkir per hari, memiliki resiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari dua cangkir atau lebih dari empat cangkir.





Walaupun tidak dianggap signifikan, konsumsi kopi moderat ini sedikit mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan kematian dari segala sebab. Kopi juga secara signifikan menurunkan risiko terbentuknya kanker kolon.





Menurut Profesor Peter Rogers dan Dr Lindsay St Claire dari Universitas Bristol, Inggris, efek negatif kafein lebih kuat pada laki-laki dibandingkan perempuan. Pada perempuan,  kafein justru menurunkan stres, terutama pada pekerja kantoran. Kopi juga efektif meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan bersosialisasi di kantor.




Untuk mendapatkan manfaat positif dari kopi, para ahli menyarankan konsumsi kopi organik serta kopi Arabica dari Jawa. Setiap 8 ons kopi Arabica diketahui mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibanding kopi biasa serta memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Kopi organik ini juga mengandung zat antioksidan 40 persen lebih tinggi dibanding kopi jenis lain.




Satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100-150 miligram kafein. Satu demitasse (cangkir mini untuk espresso) single-espresso rata-rata mengandung 80-120 miligram kafein.




Bila satu demitasse single-espresso mengandung sekitar 100 miligram kafein, berarti kita bisa minum sampai dengan tiga cangkir espressor sehari dengan aman tanpa terpengaruh efek negatif dari kafein; dengan asumsi, Anda tidak minum terlalu banyak minuman kola, makan coklat, atau minum obat sakit kepala di hari yang sama.




Tubuh manusia mungkin mempunyai metabolisme yang berbeda untuk mengolah kafein. Hal yang perlu diperhatikan, meski Anda sedang hamil atau tidak, konsumsilah secara wajar.










Kenikmatan Secangkir Kopi











Seperti musik, kopi yang nikmat terletak pada bagaimana cara Anda menikmatinya. Cara yang benar untuk menikmati kppi adalah jika Anda tahu bagaimana kopi tersebut bermanfaat bagi tubuh Anda.




Cara yang salah adalah jika topi justru membuat Anda sakit. Contohnya, jika Anda harus menyelesaikan pekerjaan semalaman, lalu minum banyak kopi untuk membuat Anda terus terjaga.




Minumlah lebih sering dalam dosis kecil. Cukup minum seperempat cangkir kopi setiap jam. Jika Anda meminumnya untuk mencegah kantuk, cara ini lebih efektif darip ada jika Anda menenggak satu mug besar.




Sesap kopi Anda, lalu tidurlah, Inilah cara terbaik untuk memulihkan energi. Minumlah kopi, lalu tiduran selama 10 hingga 20 menit. Selama itulah kopi juga membutuhkan waktu untuk menempatkan khasiatnya. Lagi pula, tidur memang satu-satunya cara untuk menjadi bugar. Dengan demikian, Anda akan terbangun dalam kedalam betul-betul segar.




Isi dulu perut, bohong bila ada yang mengatakan minum kopi bisa menyingkirkan rasa lapar. Hal ini hanya membuat perut anda kembung. Justru, Anda harus makan sebelum minum kopi. Selain itu, singkirkan rokok Anda. Minum kopi sambil merokok justru mengirangi daya tahan kafein.


Posting Komentar

Follow by Email